Jumat, 12 Desember 2014

RESUME KONSEP TEKNOLOGI


1.       Pengertian Konsep Teknologi
Konsep             : ide/pendapat yang akan dimunculkan melalui peristiwa nyata.
Teknologi        : kemampuan teknik berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta berdasarkan proses teknis (ilmu teknik).
Teknologi         : ilmu tentang cara penerapan sains untuk memanfaatkan alam bagi kesejahteraan dan kenyamanan manusia.
Teknologi        : suatu alat yang digunakan untuk mempermudah kebutuhan manusia.
Konsep Teknologi : suatu ide yang menggagaskan tentang sesuatu yang akan memudahkan keperluan manusia.

2.       Perbandingan iPhone, Android dan Windows Phone
a.       iPhone
                Jika iOS yang sebelumnya iPhone OS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Antarmuka pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung menggunakan gerakan multisentuh. Pada 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.

b.      Android
                Android adalah sistem operasi berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam piranti penggerak. Android Inc yang ketika itu pendatang baru yang membuat peranti bergerak dibeli oleh Google Inc. Android mengalami perkembangan pesat sampai sekarang ini.

c.       Windows Phone
                Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Dengan Windows Phone, Microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI. Selain itu, perangkat lunak ini terintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft.


3.       Pemasaran iPhone, Android dan Blackberry
a.       iPhone
                Dengan keluarnya produk baru iPhone yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 plus, pangsa pasar di kawasan Eropa naik lebih tinggi. Tetapi hal serupa tidak terjadi di Jepang dan Amerika, penjualan iPhone di Jepang dan Amerika justru mengalami penurunan.

b.      Android
                Sejak tahun 2012 hingga kini, pangsa pasar android terus naik dan bertahan diposisi puncak. Android terus melakukan inovasi yang dapat membauat produknya terus mengalami peningkatan pangsa pasar.

c.       Blackberry
                Pangsa pasar blackberry sudah mulai tergerus saat saingannya, android dan ios, mulai merajai pasar smartphone. Kini pasar blackberry kian menurun walaupun blackberry melakukan berbagai inovasi.

4.       White box dan Black box testing
a.       White Box Testing
                White-box testing. (juga dikenal dengan clear box testing, glass box testing, transparent box testing, dan structural testing) Dalam White-box testing, kita membuat test cases dengan melihat source code untuk mencari adanya kesalahan pada program. White-box testing dilakukan oleh Software Engineer karena membutuhkan pengetahuan tentang programming dan implementasinya. Hal-hal yang biasa diuji dalam test cases seperti Loops(while or for loop), Decision Making (if statement or switch statement) atau data structure.
b.      Black Box Testing
                Black-box testing merupakan kebalikan dari White-box testing dimana Software Tester tidak memiliki akses source code atau mengetahui implementasi dari program tersebut untuk mencari adanya kesalahan pada program dan juga tidak diharuskan memiliki pengetahuan tentang programming dan implementasinya. Ketika melakukan Black-box testing, tester akan berinteraksi dengan user interface yang menyediakan input dan memeriksa outputnya, juga menguji performa program atau menguji function-function yang tidak bekerja dengan benar.

5.       Posisi dan Strategi
a.       iPhone
                Posisi iPhone saat ini berada di puncak, dan tetap melakukan berbagai inovasi sehingga produk iPhone tetap berada di puncak pasar produk smartphone.
                Di negara-negara lain, Apple biasanya memasarkan iPhone dengan menggandeng operator seluler setempat. Metode yang dilakukan adalah dengan cara bundling iPhone bersamaan dengan penggunaan paket internet selama periode tertentu, umumnya 2 tahun. Namun nyatanya strategi pemasaran yang kerap disebut jalur closed channel itu tak sesuai untuk pasar Indonesia. Karena konsumen Indonesia lebih suka membeli ponsel tanpa kontrak.
                 Sebelumnya strategi itu telah dilakukan Apple dengan menggandeng operator seluler di Indonesia, tapi dianggap tak efisien. Oleh karenanya untuk tahun 2014 khusus pasar Indonesia, Apple merubah strategi pemasarannya menggunakan metode open channel. Open channel artinya Apple tak hanya memasarkan iphone melalui operator seluler tapi juga melalui distributor. Pun demikian, ada aturan dari Apple yang harus dipenuhi distributor, salah satunya adalah desain toko retail yang harus mengikuti standar Apple. Bahkan demi mengikuti standar tersebut, perabot yang ada dalam toko tersebut pun didatangkan sendiri oleh Apple yang oleh Apple ini disebut channel excellent program (cep).

b.      Xiaomi
                Posisi Xiaomi saat ini sedang berjalan menuju uncak pasar, Xiaomi terus mengeluarkan bemacam inovasi untuk menjual produknya dan tetap bertahan bahkan menaikkan pasar produk Xiaomi
                Xiaomi menggunakan viralitas sosial media. Ini membuat mereka sangat berhemat dengan biaya iklan. Presiden Xiaomi, Lin Bin pernah posting foto dengan membubuhi tulisan promosi produk Xiaomi, lalu di-share lebih dari 2 juta kali dan dikomentari 900 ribu kali. Dari momen ini, diklaim membuat 150 ribu unit Xiaomi terjual dalam 10 menit.
                Terlihat juga bahwa Xiaomi menerapkan hunger marketing. Yaitu saat publisitas tersebar luas, jumlah produk yang dijual justru terbatas, sehingga kembali lagi menjadi bahan pembicaraan banyak orang di internet.

c.       Blackberry
                Posisi Blakberry saat ini sudah berada di titik jenuh, walaupun blackberry telah mengeluarkan begitu banyak produk untuk tetap bertahan di pasar smartphone tetapi pasarnya tetap menurut karena sudah dianggap tidak memenuhi kebutuhan konsumen lagi.
                Pangsa pasar BlackBerry, utamanya di tingkat global kian tergerus oleh dua seteru utamanya, Android dan iOS. Untuk dapat tetap bertahan, BlackBerry harus memiliki strategi jitu untuk melawan kedigdayaan Android dan iOS.
                BlackBerry, memiliki setidaknya tiga strategi untuk dapat bersaing di pasar. Yang pertama yaitu developer aplikasi untuk mendukung platform BlackBerry merupakan salah satu titik poin. Selain pentingnya produk baru dan strategi marketing dan promosi. Yang kedua launch produk-produk baru, kemudian yang ketiga marketing dan promosi.
                BlackBerry belum lama ini telah memasarkan smartphone terbaru, BlackBerry Passport di banyak negara, termasuk Indonesia. Ditujukan untuk pengguna bisnis. Tak hanya Passport, BlackBerry dalam waktu dekat ini juga akan merilis smartphone terbarunya yang bertajuk BlackBerry Classic. Mengadopsi tampilan smartphone BlackBerry versi lama, seperti Bold dan Curve, BlackBerry Classic yang ditujukan untuk kelas menengah ini hadir dengan dukungan tombol navigasi yang populer di mata pengguna, keyboard QWERTY, dan sistem operasi BlackBerry OS 10.3.1.

6.       4 dimensi teknologi
a.       Sama tempat sama waktu
Kegiatan seminar nasional yang dilaksanakan di suatu tempat dengan audiens yang dapat berinteraksi langsung dengan pemateri.
b.      Sama tempat beda waktu
Kegiatan seminar yang dilakukan dengan dua waktu yang berbeda, ada yang dilakukan di pagi hari, dan ada yang dilakukan di malam hari. Dengan pemateri berbeda dan audiens yang sama, ataupun dengan pemateri yang sama tetapi audiens yang bebeda, serta bisa juga dengan pemateri dan audiens yang berbeda.
c.       Beda tempat sama waktu
Kegiatan seminar yang dilaksanakan dengan pemateri ditempat berbeda yang memberikan seminar dengan video call.
d.      Beda tempat beda waktu
Kegiatan seminar yang dilakukan ditempat berbeda dan pemateri memberikan seminar terlebih dahulu dengan cara direkam sehingga audiens hanya melihat hasil dari rekaman pemateri.

referensi  :
http://www.makemac.com/pangsa-pasar-apple-di-benua-eropa-naik-berkat-iphone-6-dan-iphone-6-plus/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar